Senin, 10 September 2012

Sejarah dan latar belakang kanker prostat

Kanker prostat amat sering terjadi. kontrol mikroskopis terhadap jaringan prostat pasca pembedahan maupun pada otopsi perlihatkan adanya kanker pada 50% pria berusia diatas 70 th. serta pada semua pria yang berusia diatas 90 th..biasanya kanker tersebut tidak mengakibatkan sinyal tanda lantaran penyebarannya amat lambat.
untuk ide perawatan anda, dokter anda perlu tahu sejauh mana ( step ) penyakit. step didasarkan pada ukuran tumor, apakah kanker telah menyebar di luar prostat serta, apabila demikian, di mana itu telah menyebar.

anda mungkin memiliki tes darah untuk tengok apabila kanker telah menyebar. sebagian orang juga mungkin perlu imaging tes :

scan tulang : dokter menyuntikkan zat radioaktif di dalam jumlah kecil ke pembuluh darah. ini bergerak melalui aliran darah serta mengumpulkan di tulang. mesin yang disebut pemindai mendeteksi serta mengukur radiasi. pemindai buat gambar tulang di layar computer atau film. gambar dapat tunjukkan kanker yang telah menyebar ke tulang.

ct scan : mesin sinar-x yang terhubung ke computer mengambil serangkaian gambar yang rinci bidang di dalam tubuh anda. dokter sering menggunakan ct scan untuk tengok panggul atau perut.
mri : magnet yang kuat yang terhubung ke computer digunakan buat bikin gambar yang rinci bidang di dalam tubuh anda.

ini yakni step kanker prostat :

stadium i : kanker tidak dapat dirasakan selama rektum digital. tentang ini ditemukan dengan kebetulan waktu operasi ditangani untuk alasan lain, biasanya untuk bph. kanker yakni hanya di prostat.
step ii : kanker makin maju, tetapi belum menyebar di luar prostat.
stadium iii : kanker telah menyebar di luar prostat. mungkin seminalis vesikel. belum menyebar ke pada nodus limfa.
stadium iv : kanker mungkin dekat otot serta organ ( di luar vesikel seminalis ). itu telah menyebar ke pada nodus limfa. itu telah menyebar ke bagian lain dari tubuh.
berulang kanker yakni kanker yang telah kembali ( kambuh lagi ) setelah waktu waktu itu tidak dapat dideteksi. ini mungkin terjadi di atau dekat prostat. atau mungkin terjadi di bagian lain dari tubuh, layaknya tulang.

apakah penyebab kanker prostat ?

pemicunya tidak diketahui, walau kian lebih satu penelitian telah perlihatkan adanya hubungan pada diet tinggi lemak serta peningkatan kandungan hormon testosteron.
Gejala kanker prostat
kanker prostat yaitu penyebab kematian dikarenakan kanker no 3 pada pria serta yaitu penyebab utama kematin dikarenakan kanker pada pria diatas 74 th..
kanker prostat jarang ditemukan pada pria berusia kurang dari 40 th..

pria yang memiliki dampak lebih tinggi untuk menderita kanker prostat yakni pria kulit hitam yang berusia diatas 60 th., petani, pelukis serta pemaparan kadmium.
angka tentang sangat rendah ditemukan pada pria jepang serta vegetarian.

kanker prostat dikelompokkan menjadi

stadium a : benjolan/tumor tidak dapat diraba pada kontrol fisik, biasanya ditemukan dengan tidak sengaja setelah pembedahan prostat lantaran penyakit lain.
stadium b : tumor terbatas pada prostat serta biasanya ditemukan pada kontrol fisik atau tes psa.
stadium c : tumor telah menyebar ke luar dari kapsul prostat, tetapi belum sampai menyebar ke kelenjar getah bening.
stadium d : kanker telah menyebar ( metastase ) ke kelenjar getah bening regional maupun bagian tubuh yang lain ( misalnya tulang serta paru-paru ).

bagaimana langkah mendiagnosa kanker prostat ?

langkah sangat baik untuk menyaring kanker prostat yakni lakukan kontrol colok dubur serta kontrol darah.
colok dubur pada penderita kanker prostat akan perlihatkan adanya benjolan keras yang mempunyai wujud tidak beraturan.
pada kontrol darah ditangani pengukuran kandungan antigen prostat spesifik ( psa ), yang biasanya meningkat pada penderita kanker prostat, tetapi juga bisa meningkat ( tidak amat tinggi ) pada penderita bph.

apabila pada kontrol colok dubur ditemukan benjolan, menjadi ditangani kontrol usg. dengan kerjakan rontgen atau skening tulang, bisa diketahui adanya penyebaran kanker ke tulang.

kontrol yang lain yang biasa ditangani :

analisa air kemih
sitologi air kemih atau cairan prostat
biopsi prostat.

bagaimana langkah pengobatan kanker prostat ?

pengobatan yang cocok untuk kanker prostat masih diperdebatkan.
pilihan pengobatan bermacam, bergantung pada stadiumnya :

pada stadium awal bisa dipakai prostatektomi ( pengangkatan prostat ) serta terapi penyinaran
apabila kanker telah menyebar, bisa dikerjakan manipulasi hormonal ( kurangi kandungan testosteron melalui obat-obatan maupun pengangkatan testis ) atau kemoterapi.

pembedahan untuk kanker prostat
1. prostatektomi radikal ( pengangkatan kelenjar prostat ).
seringkali ditangani pada kanker stadium a serta b.
prosedurnya lama serta biasanya ditangani dibawah pembiusan total maupun spinal.
suatu hal sayatan dibikin di perut maupun area perineum serta penderita harus lakukan perawatan area tinggal sakit selama 5-7 harai.
komplikasi yang mungkin terjadi yakni impotensia serta inkontinensia uri.
pada penderita yang kehidupan seksualnya masih aktif, bisa dikerjakan potency-sparing radical prostatectomy.

2. orkiektomi ( pengangkatan testis, pengebirian ).

pengangkatan ke-2 testis menyebabkan berkurangnya kandungan testosteron, tetapi prosedur ini mengakibatkan efek fisik serta psikis yang tidak dapat ditolerir oleh penderita.
orkiektomi yakni pengobatan yang efektif, tidak memerlukan pengobatan lagi, lebih murah di banding dengan obat-obatan serta sesudah lakukan orkiektomi penderita tidak butuh lakukan perawatan area tinggal sakit.
orkiektomi biasanya ditangani pada kanker yang telah menyebar.

terapi penyinaran untuk pengobatan kanker prostat

terapi penyinaran terlebih digunakan buat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar